Kamis, 10 Maret 2011

PROFIL SINGKAT PONDOK PESANTREN UMMUL QUROK “UQ”


A..SEJARAH PERINTISAN
   Pondok Pesantren Ummul Qurok “UQ” adalah salah satu pondok pesantren yang berdomisili di Dukuh Jlegong, Desa Banyuurip Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah. Pondok Pesantren ini pada awal mulanya hanya satu dan dua santri saja itu pun penempatan santrinya di rumah beliau sendiri dengan ditambah kegiatan dilakukan diruang tamu sebagai tempat pasholatan.
Ketika dirintis pada Hari Sabtu tanggal 15 Januari 2000 M Pondok Pesantren yang dulu bernama ”Tahfizhul Qur’an Al-Mardhotillah”. Dengan adanya kemajuan dan perkembangan zaman dari tahun-ketahun Pendiri Pondok Pesantren ini mulai menampakkan diri baik dilingkungan sekitar maupun diluar daerah.
Kini dengan adanya Keberkahan Allah SWT. Kepada beliau itu sendiri karena sifatnya yang welas asih Pondok Pesantren berkembang dengan pesat kini santrinya sudah mencapai + 100 orang santri baik laki- laki maupun perempuan. Itupun masih di tambah santri non-mukim (warga sekitar).
Pondok Pesantren “Tahfizhul Qur’an Al-Mardhotilah” yang pendanaannya di danai oleh beliau sendiri tanpa campur tangan dari pihak manapun hingga kini walau perjalananya tidak semudah apa yang dibayangkan.
Pada tahun 2006 Pondok Pesantren “Tahfizhul Qur’an Al- Mardhotillah “ itu berganti nama menjadi Pondok Pesantren Ummul Qurok “UQ” hingga kini. Hari-kehari, bulan-kebulan, bahkan tahun-ketahun sungguh banyak hal–hal yang menyedihkan, mengharukan, dan memilukan dalam sejarah hidup Pondok Pesantren “UMMUL QUROK” dengan bapak kyai itu sendiri. Sebab tak jarang kadang-kadang masih saja kekurangan beras. Namun, untuk menanggulanginya tak heran bila Bapak Kyai pun mengolah pemikirannya dengan merubah singkong (gaplek) menjadi makanan utamanya. Walaupun dalam keadaan apapun, Bapak Kyai menerima dengan hati penuh keikhlasan dan dirasakan dengan ketulusan hati dan juga penuh dengan rasa kesabaran.
Kecil hati, tidak cemaspun tidak, meski tak jarang mendapat fitnahan dari lingkungan desa maupun dari luar desa, itu semua tidak dirasakan sama sekali, itulah yang dinamakan “Keikhlasan Seorang Kyai”.
Bapak Kyai diBantu oleh Ustadz-Ustadzahnya, sering kali diamati oleh ratusan hingga sampai ribuan masyarakat untuk menyimpan barang mati akan lebih mudah diselenggarakan dengan sebaik-baiknya, tetapi dalam menerima amanat itu berupa manusia (yang berjiwa) yang diharapkan oleh masing-masing wali santri tidak semudah itu.
Dari pengalaman masa lalu Pondok Pesantren Ummul Qurok “UQ” banyak dahulunya santri diantara orang tuanya adalah santri yang tidak terkendali (setres) maupun kenakalan remaja dikehidupan dunia luar.
Dan tak jarang dari segi kehidupan orang tua santri yang tak mampu dalam arti kata perekonomiannya rata-rata dibawah garis kemiskinan (tak mampu).

B..DEFINISI PONDOK PESANTREN
         Pondok Pesantren yaitu lembaga pendidikan islam dengan system asrama, kyai sebagai central figur, masjid sebagai titik pusat kegiatan yang menjiwai . Pondok Pesantren ialah suatu lembaga pendidikan non-formal yang mendidik santri-santrinya menjadi orang yang berakhlakul karimah. Pendidikan didalam Pondok Pesantren, pendidikan yang total 24 jam. Selain daripada itu, Pondok Pesantren tempat berlatih agar menjadi orang yang suka pandai menolong bukan yang hanya selalu minta tolong. Para santri dilatih mengurus diri sendiri الإِعْتِمَادُ عَلىَ النَّفْسِ " Menolong diri sendiri tidak menggantungkan kepada orang lain.

C..NILAI- NILAI PENDIDIKAN
Pendidikan yang di tanamkan di Pondok Pesantren Ummul Qurok “UQ” kepada santri-santrinya melalui progam dan berbagai aktifitas pendidikan adalah dari ajaran islam yang substansif. Diantaranya keikhlasan (Tauhid), kesederhanaan, kemandirian , ukuwah Islamiah, kedisiplinan dan ketertiban.
Seluruh kegiatan-kegiatan santri selalu dipikirkan kepentinganya oleh Bapak Kyai demi kehidupan yang lebih baik. Pendidikan di Pondok Pesantren Ummul Qurok “UQ” tidak sekedar dengan lips (Pidato- pidato dan dakwah) saja tetapi juga diberikan pendidikan Uswatun Hasannah, dengan lingkungan sengaja dibentuk pendidikan.
Terbukti dengan progam-progam tersebut banyak santri-santri yang dikirim ke-Pondok Pesantren “Abdul Rahman Bin Aup” yang terletak di Dlanggu di Kabupaten Klaten, dan juga dibekali ilmu pertanian, pengembangan ternak, penggemukan hewan ternak dilakukan santri Pondok Pesantren Ummul Qurok “UQ”. Di Pondok Pesantren “BODHO” yang terletak di Kajoran Magelang yang semua itu berkat kerja sama dengan Bank Syari’ah Islam. Dan tak ketinggalan pula beliau mengikuti pelatihan intervener yang diadakan oleh pengusaha-pengusaha ternama di hotel-hotel ternama, dan ilmunyapun diterapkan pada santri-santrinya.

D..AKTIFITAS SANTRI
Kegiatan dan aktifitas yang diterapkan di Pondok Pesantren “UMMUL QUROK” pada santrinya disusun dengan secara terpadu antara kegiatan pengajaran formal dan non-formal, dan progam pembangunan.
Kepribadian santri Pondok Pesantren Ummul Qurok “UQ” bekerja sama dengan SMP N 1 KLEGO mengadakan kegiatan pendidikan di Pondok Pesantren “UMMUL QUROK” terkecuali santri lepas (non-mukim). Dan kegiatan santri tersusun berikut di bawah ini, antara lain:
1.       Bangun pagi, Subuh berjama’ah, pemberian mufrodhat Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, dilanjutkan dengan mengaji Al-Qur’an, terakhir sholat Dhuha berjama’ah,
2.       Sholat zuhur berjama’ah dilanjutkan dengan mengaji Al-Qur’an, dilanjutkan dengan Madrasah Diniyah,
3.       Sholat ashar berjama’ah dilanjutkan dengan pengulangan mufrodhat kemudian melanjutkan pembelajaran Madrasah Diniyah,
4.       Sholat magrib berjama’ah dilanjutkan dengan mengaji Al-Qur’an,
5.       Sholat isya berjama’ah dilanjutkan dengan belajar bersama, Khitobah, Albarzanji, dan Kitab kuning,
6.       Pramuka,
7.       Beladiri,
8.       Olahraga,
9.       Muhadassah.

Disamping kegiatan belajar, para santri Pondok Pesantren Ummul Qurok mengadakan kegiatan bagi warga yang meliputi, antara lain :
a.       Pengajian Ibu-ibu yang diadakan setiap malam jum’at,
b.      Dziba’iyyah/Albarzanji,
c.       Jama’ah Muji Rosul se-Eks Karisidenan Surakarta,
d.      Jama’ah Rothibul Hadad se-Eks Karisidenan Surakarta yang mencangkup 8 (delapan) cabang.

         Demikian, profil singkat kami buat sebagai gambaran umum tentang lika-liku Pondok Pesantren Ummul Qurok “UQ”. Untuk itu kami mengharapkan saran-saran bagi pembaca untuk kemajuan Pondok Pesantren Ummul Qurok. Besar harapan kami atas dukungan dan partisipasinya. Semoga Allah SWT, meridhoi segala apa usaha hambanya yang beriman dan bertaqwa.

2 komentar:

  1. "UQ SELALU DI HATI"
    Wahai UQ jayalah, majulah, tiada kata untuk menyerah...
    engkau kan selalu bergerak, tada pernah berhenti,,, menjunjung norma, persatukan bangsa, tegak kan agama...
    ayoooooooooo ...... bangkit..........
    "BISMILLAHIRROHMANIRROHIM"

    BY-----
    CAH THE MAX CITY

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Pesantren ini smakin berkembang dan sukses Dhohir maupun Bathin dan mengantarkan ke Surga.

      Hapus